-->

Tiket Damri Online? Mudah, Seperti Ini Caranya

- November 02, 2019
Tiket Damri Online
Tiket Damri Online
Tiket Damri Online – Sekarang mencari tiket damri tidak perlu susah susah dan ikut dalam antrian. 

Karena saat ini mencari tiket bus damri cukup mudah, beberapa rute ada naamanya Tiket Bus Damri Online telah tersedia.
Tentunya yang dilakukan Perum Damri sendiri selaku BUMN berupaya untuk memudahkan penumpang mendapatkan tiket, salah satunya dengan berbagai cara pesan tiket damri.
Dan salah satunya adalah dengan tiket damri online. Cara pesan tiket damri via online ini sudah bisa menjangkau banyak tujuan.
Beberapa pengalaman saya, tak sekedar mencari tiket, pesan, tapi juga melihat jam keberangkatan dan harga tiket damri.
Contohnya saja Damri Metro Jakarta, nah sekarang jika memang bingung sudah bisa menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah tiket damri online.
Cara via online ini bisa dilakukan dengan aplikasi IT Damri maupun di Indomaret, dan mencari informasi di Traveloka maupun penyedia jasa tiketbus online lainnya.
Tak hanya tentang damri Metro Jakarta, dari harga tiket, jadwal keberangkatan, rute tujuan, dan pool damri, serta bus apa yang akan digunakan.
Tetapi juga tujuan lain, seperti pengalaman saya menggunakan Bus Damri Jogja Lampung yang beli tiket damri online di Traveloka. 

Tapi itu pada tahun 2018 lalu. Untuk 2019, 2020, kemunginan ada perubahan terkait pemesanan tiket. Sebab ada "Damri Apps" sebagai fitur aplikasi terbaru.

Karena akan selalu update dan disesuaikan. Jadi, bisa jadi tersedia dan tidak tersedia kembali.
Selain itu, ada juga Bus Damri Bandung, Bogor, Bekasi, Depok, Stasiun Gambir, dan beberapa daerah lainnya yang dilalui oleh Pool Damri.

Tiket Damri Online atau Tiket Damri Offline

Nah jika kita masih awan bagaimana cara pesan tiket damri online, kita bisa menggunakan dengan cara yang offline. Jadi tinggal pilih menurut kita yang paling mudah dilakukan.

Di beberapa titik memang cara yang lebih mudah dengan mendatangi Pool Damri atau agen damri yang ada di daerah terdekat anda. Namun ada yang kejauhan, sehingga butuh online.
Namun, cara yang lebih mudah saat dalam kondisi sibuk adalah dengan cara beli tiket bus online, yakni bisa dengan pesan tiket damri lewat whatsapp atau pesan WA.
Untuk online cara yang bisa saya contohkan adalah sebagai berikut yakni dengan pesan di IT Tiket Damri atau di Traveloka.
Dan saat pesan tiket damri via online di Traveloka saya melakukan pembayaran via M-Bangking jadi sangat dimudahkan.
Harga tiket damri online dan harga tiket damri offline pun berbeda. Selisih Rp5-15 ribu rupiah. Misalnya, Damri Jakarta Lampung, harga sudah ditetapkan sekian. 
Biasanya ketika kita beli online di Traveloka harga akan ada selisih karena di diskon. Namun, silakan di cek saja. Ini informasi karena berbekal pengalaman sebelumnya. 
Namun memang jumlah kursi pesan tiket damri online ini sedikit, di Damri sendiri hanya menjatahkan 4 kursi untuk pesan tiket Damri di Traveloka. 

Adapun caranya dalam mendapatkan tiket damri online adalah sebagai berikut:

Cara Pesan Tiket Damri Online di Traveloka

Baiklah saya akan mulai jelaskan. Apakah cara pesan tiket damri via traveloka ini yang saya gunakan antar Damri Jogja Lampung bisa digunakan ke daerah lainnya saya belum pernah mencoba.
Namun tak ada salahnya dicoba. Karena caranya hampir sama. Tinggal ada tidak rute tujuan yang dimaksud.
Misal Damri Bogor Lampung, Damri Lampung Jakarta, Damri Bandung Lampung, maupun Damri Gambir Lampung dan Damri Bekasi Lampung, serta wilayah lainnya.
Dan berikut ini cara yang pernah saya lakukan saat pesan tiket damri ke Lampung via online:
Pertama, login ke https://www.traveloka.com. Lalu klik Bus & Shuttle (Bus & Travel).
tiket damri online
Cara Beli Tiket Damri via Traveloka

cara pesan tiket damri via traveloka
Cara Beli Tiket Damri via Traveloka
Langkah selanjutnya pemesanan tiket damri online ini tinggal masukan kolom pemesanan, dari mana keberangkatan dan lokasi tujuan tiba. Serta tanggal keberangkatan dan jumlah kursi yang dipesan. 

Ingat untuk cara ini yang bisa dimasukan adalah Pool Damrinya terlebih dahulu. Contoh ketika penulis ingin beli tiket bus damri Kemayoran. 

Yang dilakukan adalah cukup dengan menuliskan kata kunci yang dituju, contohnya dalam pencarian Damri Kemayoran.

Nah untuk tujuannya bisa masukan ke kota tujuan. Misalnya saja Palembang. Nantinya akan keluar dengan sendirinya tarif dan jadwal keberangkatan.

Beli tiket damri di Traveloka ini juga berlaku untuk Tiket Damri Kemayoran ke beberapa lokasi yang sudah tersedia pada mesin pencarian.

Begitu juga untuk rute-rute wilayah yang dilalui, tak hanya Kemayoran, tetapi ada rute lainnya yang juga bisa kita dapatkan via traveloka.

Bahkan kita bisa download aplikasi tiket traveloka ini di HP Android Smartphone. Jadi, sangat memudahkan perjalanan.

Kalau waktu itu, ada beberapa tiket dari Damri Apps itu tidak tersedia di Traveloka, demikian sebaliknya. 

Tapi coba saja sekarang di keuda aplikasi tersebut, sepertinya sudah tersedia ragam pilihan, tergantung kita yang akan menggunakan nantinya.

Cara Pesan Tiket Damri Online Lewat Aplikasi Android

Adapun cara yang bisa kita lakukan lewat aplikasi android adalah dengan mengikuti beberapa petunjuk penggunaan berikut ini:

Cara pertama sudah tentang aplikasi traveloka, sekarang masuk ke cara yang kedua, yakni via IT Damri, yang sekarang namanya "Damri Apps". 

Cara yang bisa kita lakukan untuk pesan tiket damri online lewat aplikasi android adalah dengan menggunakan IT Damri atau "Damri Apps".
Pertama, cara yang harus dilakukan adalah dengan mendownload Aplikasi Tiket Damri atau sekarang disebut dengan Damri Apps. Downloadnya dimana? Di Google Play Store.

Jadi, kita bisa download aplikasi tiket damri tersebut di Android dan Install di Google Playstore : IT Damri atau Damri Apps.

Jadi, cara pertama yang harus dipastikan instal atau download aplikasi tiket damri terlebihy dahulu yang ada di google play store: ingat "Darmi Apps".

Setelah di instal akan diminta untuk login pendaftaran aplikasi, Jadi, isi sesuai nama. Sehingga, nanti melakukan perjalanan dengan mudah terdeteksi aplikasi secara otomatis.
Selanjutnya cara yang bisa dilakukan dalam pemesanan tiket damri via android melalui damri aplikasi layanan tiket berbasis online, caranya adalah dengan tahapan berikut:
a)  isi kolom di pesan tiket: Tanggal Keberangkatan, Rute Asal, Tujuan, dan Jumlah Penumpang, lalu klik "Cari Tiket". Maka akan keluar pilihan jadwal dan harga tiket Damri.
b)   Klik pilih tiket yang mau dibeli. (Perhatikan, harga tiket, jadwal keberangkatan, rute dan nomor bus yang akan digunakan).
c)    Selanjutnya akan ada konfirmasi rute tujuan, dari tanggal keberangkatan, jam dan total yang harus dibayar untuk bayar tiket damri.
d)   Jika setuju, Klik.
Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan, ketika cara beli tiket damri lewat aplikasi IT Damri tersebut adalah yang tak kalah penting pengisian form data penumpang.
Seperti, nama pemesan, nomor KTP, nomor telepon, email, alamat, dan masukkan juga nama penumpang serta no KTP penumpang.
Selanjutnya pembayaran. Cara pembayaran tiket damri online via aplikasi smartphone andorid ini dengan cara pembayaran di Pool Damri, Alfamart, Indomaret, Mandiri, dll.
Yang pastinya harus tertaut dan tersesuai di metode pembayaran dengan menunjukan kode booking tiket damri yang sudah dipesan secara online.
Terakhir, setelah melakukan pembayaran akan keluar invoice disertai kode pembayaran. Jadi form atau invoice tersebut jangan sampai hilang.

Pembayaran dilakukan sesuai dengan metode pembayaran yang tersedia, pilihlah yang mudah, tanpa harus pergi ke lokasi manapun, sehingga tetap meringkas waktu.
Oh iya, yang perlu diingat adalah bukti bayar tiket damri yang sudah dilakukan jangan dibuang atau hilang. 

Karena bukti bayar harus ditukarkan dengan tiket Damri di Agen Damri, Pool Damri, atau bahkan di loket tiket damri resmi yang tertaut dengan Perum Damri.

Info lengkapnya bisa hubungi Call Center Damri.

Cara Pesan Tiket Damri Online Via WhatsApp

Tiket damri online ada cara yang paling mudah yang bisa dilakukan, yakni, pemesanan via nomor telepon maupun nomor whatsapp. 

Bahkan beberapa rute sudah tersedia pemesanan via whatsapp ini. Ini mengingat untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan tiket dengan mudah.
Seperti Pool Damri Stasiun Gambir dan Pool Damri Lampung yang bisa dilakukan via no telp Damri Lampung maupun No Telp Damri Gambir. 

Berikut No Telp/No WA Damri untuk pemesanan tiket:
1.    No Telp/No WA Damri Lampung: 0813-7929-0146
2.    No Telp/No WA Damri Gambir: 0813-9893-8316
Bisa juga menghubungi beberapa nomor di bawah ini untuk rute rute lainnya
Nah tinggal tanya harga, nomor kursi, bus yang digunakan, jadwal keberangkatan, dan bayar saat sudah dilokasi agen atau pool damri. 

Namun untuk nomor wa pastinya langsung saja ke Pool Damri atau Agen Damri dan tanyakan ke petugas apakah masih bisa dilayani via WA atau tidak. Atau bisa nomor yang aktif dan siaga.

Cara Beli Tiket Bus Damri di Indomaret

Terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan pesan tiket damri lewat Indomaret. Cara beli tiket bus damri di Indomaret ini tak terlalu sulit. Bahkan cukup cepat, jika tak ada antrian di kasir.
Sebab, cara beli tiket bus damri di Indomaret ini kita cukup datang ke Indomaret dan bertemu dengan kasir Indomaret.
Jika bingung, langsung saja sampaikan kepada kasir dan kasir akan memberikan bantuan, seperti bertanya kebutuhan tujuan bus.
Nah selain cara sederhana tersebut, cara beli tiket bus damri di Indomaret bisa lewat aplikasi yang ada di Indomaret. Indo Card atau sejenisnya yang biasanya berada tak jauh dari kasir.
Lewat Indo Card itu hanya mengisi data alias booking tiket. Membayar tiket bus tetap tetap di kasir Indomaret.
Yang harus dilakukan adalah dengan mengisi kolom pemesanan tiket: 

  • Dari (Titik lokasi berangkat), 
  • Tujuan (Tempat akan dituju), 
  • Tanggal Keberangkatan (Waktu dan Jam keberangkatan), 
  • dan Jumlah Penumpang, 
  • lalu klik "Cari Tiket".
Selanjutnya akan keluar pilihan jadwal dan harga tiket Damri. Lalu, klik pilihan tiket yang mau dibeli. Selanjutnya bayar sesuai total pembayaran. Klik Lanjutkan jika setuju.
Selanjutnya masukkan yang dibutuhkan untuk diisi sesuai petunjuk langkah pesanan selanjutnya, seperti misalnya: 

  • nama pemesan, 
  • nomor KTP, 
  • nomor telepon, 
  • alamat email, 
  • alamat tempat tinggal, 
  • dan masukkan juga nama penumpang serta no KTP penumpang (jika lebih dari satu penumpang, masukkan semua nama penumpang plus no KTP).
Langkah selanjutnya baru ketika sudah terisi semua, pilih metode pembayaran dan akan keluar invoice disertai kode pembayaran. 

Silakan bayar, dan tukarkan bukti pembayaran dengan tiket Damri di Agen Damri, Pool Damri, atau di loket tiket Damri resmi.
Jika mengalami kesulitan hubungi pihak kasir atau pegawai Indomaret lainnya, nanti akan diberi bantuan untuk lebih memudahkan.

Baca Juga: Alamat Pool Damri Bogor

Pemesanan tiket bus damri online ini kini menjadi pilihan. Karena memudahkan perjalanan, tak perlu banyak waktu, bisa online, cukup dengan kuota atau tetring wifi maupun mifi. 

Memang ada beberapa perbedaan harga, ketika kita pesan tiket damri di Traveloka dan di Damri Apps atau di loket tiket damri.

Namun ada promo juga yang ditawarkan. Intinya adalah bagaimana cara memudahkan perjalanan.  Bahkan di beberapa cara aplikasi fitur ada cashback dan promo tiket.

Sebenarnya memang disarankan untuk beli tiket langsung di loket resmi, agar bisa memastikan keaktualan jadwal keberangkatan.

Namun bagi yang sibuk dalam pekerjaannya, pemesanan tiket damri secara online ini tentunya sangat memudahkan.

Apalagi ketika cari tiket mudik lebaran, nah untuk naik damri, tak perlu antri, bisa dicek ketersediaan tiket dengan mudah dan jadwal keberangkatannya.

Itulah cara yang bisa dilakukan. Semoga informasi tentang tiket damri online ini bermanfaat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya. Salam.
Advertisement

1 komentar:

avatar

Ada kah nomor WA untuk info ketersediaan tiket ? (Jakarta-Jogja)

Kirim tanggapan dan pertanyaan di sini
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search