Tips Mudik Lebaran Dengan Bus Agar Tetap Nyaman

- March 22, 2019
tips mudik lebaran dengan bus
Tips Mudik Lebaran Dengan Bus

Busdamri.comTips Mudik Lebaran Dengan Bus. Pernakah punya pengalaman tentang tips nyaman naik bus, terlebih saat libur hari raya Idul Fitri.
Pastinya ini pentingya, memastikan semua baik-baik saja, dari awal keberangkatan hingga saat berangkat dan sesampainya di lokasi tujuan.
Nah untuk itu, saya dan Busdamri.com mencoba untuk berbagi pengalaman dan informasi seputar tips mudik lebaran dengan bus nih.
Terlebih tips perjalanan jauh dengan bus, tips naik bus agar tidak mabuk dan tips naik bus dengan balita bagi ibu ibu yang membawa bayinya.
Kenapa sih penting tips perjalanan jauh bus dengan bayi. Hal ini memastikan si bayi yang dibawa tidak mengalami persoalan selama diperjalanan, dan si bayi tetap sehat sampai lokasi tujuan.
Apalagi seperti kita ketahuiya, bahwasannya, bus adalah salah satu kendaraan alternatif untuk mudik ke kampung halaman saat lebaran maupuyn hari hari libur panjang.
Nah, tentunya di hari hari perayaan ini intensitas pengguna bus juga meningkat, sehingga jika membeli tiket akan ramai dalam antrian atau bahkan tidak kebagian.
Dan berikut ini tips tips mudik lebaran dengan menggunakan Bus yang bisa kita ketahui, di antaranya:

Tips Mudik Lebaran Dengan Bus

Oke jadi seperti ini pengalaman yang bisa saya ceritakan untuk mudik lebaran dengan menggunakan jasa transportasi bus.
Bus salah satu alternatif kendaraan untuk mudik lebaran karena harga tiket yang cenderung hemat. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, di antaranya seperti tips berikut ini:

1. Cek Informasi Mudik Gratis

Info Mudik Gratis Dengan Bus
Oke. Pertama hal ini yang bisa kita coba upayakan ya. Jadi, biasanya pemerintah melalui Kementeria Perhubungan RI maupun pihak perusahaan swasta ada program mudik gratis.
Nah informasi mudik gratis ini kita update sejak 3-2 bulan sebelum lebaran atau hari mudik tiba.
Baca : Info Mudik Gratis 2019 Kemenhub, Ikut? Ini Cara Daftarnya.
Berikut cari informasinya bagaimana cara mendaftar mudik gratis. Nah dalam hal ini saran saya pastikan kita sudah paham mau mudik waktu kapan dan hari apa.
Cek waktu libur kantor, atau cuti kantor. Untuk mudik gratis H-6 sebelum lebaran sudah diberangkatkan.
Nah, untuk mudik gratis ini juga sebisa mungkin kita update informasi apakah kuotanya masih tersedia. Jika daftar mepet mepet dikhawatirkan habis.
Maka kita bisa daftar di awal dengan daftar mudik gratis via online. Pilihannya ada beberapa moda transportasi salah satunya adalah bus.

2. Beli tiket di Agen/Pool/PO Bus resmi

Kedua saran saya adalah hindari calo! Why? Harga di calo lebih tinggi dari harga di agen/pool maupun PO Bus.
Jika lebih murah pun, tingkat keamanannya pun diragukan. Ini soal keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dalam perjalanan.
Dikhawatirkan kita mendapatkan kendaraan yang tak layak jalan namun memaksakan jalan karena mencari keuntungan besar di libur lebaran.
Jadi tak masalah mendapatkan tiket bus saat mudik lebih mahal, dari pada murah, tapi bus yang digunakan tak jelas tanggungjawabnya.

3. Jika Loket Tiket Bus Antri, Bagaimana?

Cara Pesan Tiket Bus Mudik Online
Oke. Cara sederhana yang bisa kita pecahkan bersama. Di beberapa Pool atau PO atau penyedia jasa transportasi bus biasanya sudah bekerjasama dengan penyedia jasa tiket online.
Contohnya Bus Damri. Berikut informasinya yang bisa kita pelajari, Baca: Males Antri? Nih Cara Beli Tiket Bus Damri Online.
Nah selain via online, dari Traveloka dan penyedia jasa tiket lainnya, beberapa mini market juga biasanya membantu proses penjualan tiket mudik lebaran dengan bus, kereta, pesawat, dan lainnya.
Contohnya saja Indomaret dan Alfamart. Berikut cara beli tiket bus di Indomaret. Baca: Cara Beli Tiket Bus Damri di Indomaret Dengan Mudah.
Cara cara ini lebih sederhana, dan menghemat waktu. Jadi tinggal cetak tiket saja di loket keberangkatan bus.

4. Berhenti di lokasi tujuan

Nah ini nggak kalah penting, salah satu tips mudik lebaran dengan bus yang jangan sembarangan.
Memastikan rute perjalanan benar dan kamu sudah tahu mau turun di mana? Pastikan selalu koordinasi dengan kondektur. Jangan sampai ketiduran dan salah turun.

5. Bawa barang-barang dan oleh oleh seperlunya

Tips Mudik Lebaran 2019 Dengan Bus
Hmm. Biasanya lebaran itu identik dengan membawakan oleh oleh sebagai buah tangan atau THR kepada sanak famili di kampung ya.
Tapi ingat kita naik bus yang ada jumlah maksimal kapasitas, baik penumpang maupun barang.
Selain itu kenapa membawa seperlunya, karena memikirkan kondisi badan yang repot mengangkat ke pinggiran bus atau ke lokasi tujuan rumah di kampung halaman.
Jangan merepotkan diri sendiri dan kondektur bus, apalagi orang lain yang tak ada sangkut paut sama barang yang akan dibawa.
Karena khawatir kelupaan dan terselip justru malah mubazir. Dan pastikan tempat tempat barang bawaan aman dari segala aktifitas mencurigakan atau hal lainnya.

6. Bawa Obat-obatan Pribadi

Selanjutnya ada yang juga tak kalah penting. Apalagi yang memiliki penyakit khusus. Jadi bawalah obat obatan pribadi.
Sesederhana, minyak angin, obat masuk angin, demam, pusing, agar tidak mabuk di bus, dan lainnya. Pastikan badan tetap sehat dan tetap maksimal dalam perjalanan tidak merepotkan orang lain.

7. Menggunakan Pakaian Yang Nyaman

Jangan ribet kalau mau mudik naik bus. Jangan eksis. Jangan repot sendiri di dalam bus. Jadi gunakanlah pakaian yang nyaman. Tidak mengganggu kamu dan orang lain.
Contoh pria bisa gunakan kaos dan celana yang nyaman. Karena selama perjalanan ada kalanya gerah dan adanya kedinginan karena AC. Sehingga bisa dicarikan solusi.
Contoh lain, bawa baju hangat seperti jaket dan lain sebagainya. Ini untuk antisipasi. Karena siang hari bus akan terasa panas, dan di malam hari akan terasa udara dingin.

8. Siapkan powebank untuk HP

Hmm. Ya sekarang ini agak sulit. Semua informasi penting diakses di HP. Apalagi untuk memberi kabar ke keluarga jika dirinya tiba di lokasi penjemputan.
Bawalah powerbank. Atau cari bus yang menyiapkan tempat ngecas hp mu.

9. Makan yang cukup, sehat dan bergizi

Tips Nyaman Mudik Lebaran 2019
Makanlah yang cukup, yang bergizi yang dapat membuatmu kuat dalam perjalanan. Selain itu bisa juga bawa bekal perjalanan seperti minuman, cemilan, dan yang lainnya.

10. Pisahkan barang-barang berharga

Jangan sembarangan taruh uang, hp, dompet, dan barang berharga lainnya. Pisahkan dan amankan seaman-amannya dan senyaman nyamannya.
Jika bawa tas kecil silakan digantung saja. Jangan diletakan sembarangan.

11. Siapkan uang kecil untuk pengamen dan kamar kecil

tips mudik lebaran
Ini nih yang kadang disepelekan. Makanya tyak masukan ke dalam tips mudik lebaran dengan bus.
Sebab apa biasanya mampir mampir ke beberapa tempat peristirahatan. Tentu kita butuh ke toilet maupun ke mushala untuk shalat.
Selain itu juga belum lagi jika dihadapkan pengamen. Tentunya dengan uang kecil dapat membantumu.

12. Ikhlas, dan Pasrahkan Pada Allah, Niatkan Kepulangan Untuk Kebaikan

Terakhir, yang tak kalah penting dari semua tips mudik lebarang dengan bus adalah berdoa. Mengikhlaskan semua perjalanan dengan memasrahkan diri kepada Allah.
Meniatkan kepulangan ke kampung halaman adalah ibadah dan untuk kebaikan. Dengan demikian perjalanan tenang dengan hati tentram.
Semoga ... Semoga ... Aamiin. Semoga selamat sampai tujuan. Sampai mampir kembali di lain artike. Terimakasih. Salam.
Advertisement

Kirim tanggapan dan pertanyaan di sini
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search